Tuesday, July 29, 2014

Sosial Engineering ( SocEng )

SOSIAL ENGINEERING  Social Engineering (SocEng)



 



Kali ini saya akan Menjelaskan sedikit tentang Sosial Engineering atau SocEng.
Sekarang ini kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya email, facebook, twitter, dan sosial media lainnya dan selalu ada saja yang menjadi korban dari penipuan baik melalui sosial media atau pun telepon.

Sosial Engineering atau SocEng yaitu teknik pendekatan untuk mencari informasi yang sangat rahasia atau sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut.
Social Engineering merupakan salah satu tekhnik seorang hacker untuk mendapatkan informasi, pada umumnya tekhnik Social Engineering sering dilakukan melalui Internet ataupun Telepon dengan cara meminta langsung kepada pemilik informasi.

Dalam dunia keamanan jaringan ada prinsip yang berbunyi " kekuatan sebuah rantai tergantung dari atau terletak pada sambungan yang terlemah dalam sebuah sistem jaringan komputer ".
Ternyata jawaban dari itu yaitu Manusia, meskipun sebuah sistem itu telah dilindungi dengan piranti keras dan piranti lunak canggih penangkal serangan seperti firewalls, anti virus, IDS/IPS, dan lain sebagainya tetapi jika manusia yang mengoperasikannya lalai atau ceroboh, maka keseluruhan peralatan itu tidaklah ada artinya.

Contohnya kelalaian atau ke cerobohan manusia yang di maksudkan misalnya :

  • Rasa Takut – jika seorang pegawai atau karyawan dimintai data atau informasi dari atasannya, polisi, atau penegak hukum yang lain, biasanya yang bersangkutan akan langsung memberikan tanpa merasa sungkan.
  • Rasa Percaya – jika seorang individu dimintai data atau informasi dari teman baik, rekan sejawat, sanak saudara, atau sekretaris, biasanya yang bersangkutan akan langsung memberikannya tanpa harus merasa curiga. dan
  • Rasa Ingin Menolong – jika seseorang dimintai data atau informasi dari orang yang sedang tertimpa musibah, dalam kesedihan yang mendalam, menjadi korban bencana, atau berada dalam duka, biasanya yang bersangkutan akan langsung memberikan data atau informasi yang diinginkan tanpa bertanya lebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya silahkan ebook-nya DOWNLOAD








Related Posts

Sosial Engineering ( SocEng )
4/ 5
Oleh